Pages

Rabu, 13 Agustus 2014

Kelebihan dari UKM

Usaha Kecil Menengah merupakan pengembangan yang lebih baik dari segi finansial dan manajemennya. Berikut ini adalah beberapa contoh usaha kecil menengah.
Bidang pertanian
Petani bisa dikatakan pengusaha kecil atau pengusaha kecil menengah. Jika petani tersebut hanya sebatas mengolah tanahnya sendiri baik dengan luas tanah relatif kecil maka petani tersebut dikatakan sebagai pengusaha kecil. Akan tetapi jika petani tersebut sebagai pemilik tanah dan memiliki tenaga kerja dan mempunyai tanah dalam relatif luas berarti petani tersebut adalah pengusaha tani kecil menengah.

Bidang industri
Segala jenis industri biasanya merupakan termasuk dari usaha kecil menengah. Beberapa contoh diantaranya adalah industri makanan dan minuman, industri kayu atau rotan, industri mebel atau properti, industri peralatan rumah tangga, industri kerajinan, dan industri pakaian. Dalam bidang industri, usaha tersebut dapat berupa sebagai produsen dalam jumlah besar atau sebagai agen dan penjual.

Bidang peternakan
Peternakan dapat dimasukkan dalam usaha kecil menengah. Umumnya peternakan membutuhkan tenaga kerja dan modal yang tidak sedikit. Kemudian manajemen yang diterapkan harus sesuai karena menernakkan banyak hewan ternak butuh managemen yang tepat. Beberapa contohnya adalah ternak ikan, ternak itik, ternak kambing, dan ternak ayam.
Sebenarnya bentuk usaha kecil menengah dapat berupa perseorangan atau badan usaha tapi tidak berbadan hukum. Hanyak koperasi yang merupakan contoh dari badan usaha dan berabadan hukum. Jenis lainya hanya perseorangan atau badan usaha tanpa badan hukum.

Ciri dari usaha menengah
Beberapa contoh dari usaha kecil menengah yang telah disebutkan merupakan pengembangan dari usaha kecil. Ada ciri tertentu ketika usaha tertentu atau usaha kecil sudah disebut sebagai usaha kecil menengah. Yang pertama adalah manajemen usaha. Contoh Usaha kecil menengah yang bagus adalah memiliki organisasi dan manajemen yang lebih baik, teratur dan modern. Pembagian tugas yang jelas antara bagian produksi, bagian pemasaran, dan bagian keuangan. Kemudian usaha kecil menengah juga menerapkan manajemen keuangan yang sesuai dan teratur untuk memudahkan pemeriksaan dan auditing keuangan di usaha tersebut. Kemudian pendiri atau pemilik usaha menerapkan aturan pengelolaan dan organisasi dari perburuhan. Ada beberapa juga yang telah mengikuti Jamsostek. Kemudian usaha kecil menengah telah sukses dalam masalah pendanaan baik perbankan atau perseorangan dan memiliki tenaga kerja yang terdidik dan berpengalaman.  

Keunggulan dan kekurangan UKM
Beberapa contoh usaha kecil menengah seperti industri makanan dan minuman serta beberapa industri kerajinan memiliki keunggulan dalam inovasi teknologi yang mudah dalam pengembangan produk usahanya. Teknologi digunakan untuk mempermudah produksi biasanya. Kemudian usaha kecil menengah lebih mempunyai hubungan dekat dengan usaha kecil lainnya dan bisanya saling menguntungkan dengan usaha kecil. Contohnya adalah pengusaha makanan dan pasar.

Usaha kecil menengah dapat memberikan manfaat lebih terutama di masyarakat sekitar. Dengan mendirikan usaha kecil menengah seperti contoh usaha kecil menengah yaitu kerajinan atau industri pastinya memberikan lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan roda ekonomi baik di lingkungan sekitar atau bahkan di daerah tersebut. Anda bisa berencana membuka usaha dari beberapa contoh tersebut. Atau anda bisa mengembangkan usaha kecil anda menjadi usaha kecil menengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar